PROSES PEMBINAAN PETANI PLASMA

 

Dalam program penanaman pohon jabon, I-GIST membina para petani, yaitu petani-petani yang bekerja sama dengan I-GIST dalam melakukan penanaman, perawatan, dan pemeliharaan pohon-pohon jabon I-GIST. Dalam pelaksanaannya, para petani tersebut diberikan panduan dan pendampingan yang sudah menjadi standar operasional I-GIST. Para petani tersebut disebut "Petani Plasma". Mereka melakukan penanaman bibit pohon jabon yang disediakan I-GIST, melakukan perawatan 3-6 bulan, dan pemeliharaan hingga usia survive 1 tahun.

 

 

 

Proses Perekrutan Petani Plasma

Perektrutan calon petan plasma dipilih dan di seleksi dari warga daerah tempat lokasi lahan jabon berada

 

 

 

 

 

Proses Pelatihan Petani Plasma

Petani yang telah terpilih dan terseleksi diberikan pelatihan cara penanaman dan perawatan oleh tim I-GIST

 

 

 

 

 

Proses Penanaman Pohon Jabon

Setelah diberikan pelatihan oleh tim I-GIST, petani plasma mulai melakukan penanaman pohon jabon, sesuai prosedur standar I-GIST

 

  

 

 

 

Perawatan Oleh Petani Plasma

Petani plasma akan rutin melakukan perawatan standard seperti pemupukan, penyiraman, pembersihan lahan pohon jabon dari usia 3-6 bulan. 

 

 


 

Setelah usia 1 tahun, pohon jabon dapat dikatakan sudah survive. Dikatakan demikian karena pohon jabon sudah memiliki akar yang menjangkau kedalaman tanah hingga 5 meter sehingga akar tersebut dapat menjangkau air tanah dan tempat cadangan unsur hara tanah.