Solid Wood Parquet

 

 

 

LANTAI KAYU LEBIH DIKENAL DENGAN SEBUTAN PARKET SANGAT DIBUTUHKAN UNTUK DOMESTIK DAN PASAR LUAR NEGERI

Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk di sebuah ruangan, selain bermain dengan warna cat dinding, pemilik apartemen atau rumah biasanya juga memainkan motif dan bahan lantai. Selain mengenakan bahan marmer, lantai terbuat dari kayu juga cukup menarik untuk menambah suasana nyaman dan indah di sebuah ruangan.
Untuk memiliki lantai kayu ini, biasanya para pemilik perumahan memanfaatkan jasa instalasi dan penjualan parket (parquet). Parket adalah istilah yang diberikan untuk proses menyusun potongan-potongan kayu untuk digunakan sebagai pelapis lantai dalam ruangan

 

 

Ada beebread jenis parquet diantaranya: solid wood , engineering and laminate.

* Solid wood parquet terbuat dari potongan -potongan kayu yang terdiri dari satu jenis kayu Utuh tanpa sambungan atau lapisan, Kayu yang digunakan, antara lain, jati, sonokeling, merbau, dan oak.


Engineering parquet terbuat dari lapisan parket kayu. Biasanya di bagian atas ada lapisan tipis di bagian bawah bentuk dan jenis multipleks atau kayu lapis.


* The laminate parquet terbuat dari serbuk gergaji atau potongan kayu berkualitas yang kemudian digiling menjadi serbuk. Setelah menjadi serbuk, proses selanjutnya adalah di press menjadi papan lembaran, selanjutnya disebut High Density Fiber (HDF). Kayu HDF kemudian ditempelkan kayu plastik dan kemudian laminasi bermotif kembali dengan mesin press.

 

    

 

Mengenal Pasar Lantai kayu

Menurut penjual dan installer parket, baik kayu solid atau laminate parquet sama disukai oleh konsumen. Klient yang memiliki kantong tebal lebih memilih untuk menggunakan Solid Wood Parquet. Tetapi yang memilih keterbatasan budget biasanya memilih laminate parquet.

harga pasar domestik untuk lantai kayu solid antara Rp. 250.000, Sampai dengan Rp. 500.000, - / m2 (tergantung ukuran), sedangkan untuk jenis Mesin Parquet / Laminate Parket di kisaran harga 120.000, - untuk 200.000, - / m2.

                                    

 

                                            

 

 

LANTAI KAYU LEBIH DIKENAL DENGAN SEBUTAN PARKET SANGAT DIBUTUHKAN UNTUK DOMESTIK DAN PASAR LUAR NEGERI

Dengan melihat kebutuhan lantai parket kayu dalam negeri saat ini semakin marak bersama-sama kita mencoba anlisa proses konversi log kayu mentah bahan baku ekonomis menjadi setengah jadi panel parket (non furnish) atau produk jadi (memberikan).
1 m3 Jabon HardWood, jika dibuat parket dengan ketebalan 1,5 cm akan diperoleh 66 m2 parquet, jika dihitung dengan harga terendah saja (Rp 250.000, -. / M2) maka 1 meter kubik Jabon Hard Wood akan senilai Rp. 16.500.000, -

 

Untuk kebutuhan perluasan pangsa pasar dapat dikembangkan Sebuah Produk sejenis interior dan eksterior sperti dinding Kayu dan Lantai Kayu atau Deck (In Door / out Door).

Proses Enginering Solid Wood parket adalah jenis pengolahan yang dapat dilakukan oleh Workshop atau pabrik sekala kecil atau menengah dengan mengadopsi teknology press bamboo untuk di jadikan kayu keras.

Dengan metode proses ini dapat menghasilkan jenis kayu solid dengan kepadatan yang cukup tinggi untuk dapat di setarakan dengan spesies kayu jati, Ulin atau Merbau, yang dikenal memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Bahkan dengan teknik dan ketelitian tertentu dapat menghasilkan warna tekstur kembangan kayu yang sangat indah.